Tips Bisnis- Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dengan Teman

Hallo sahabat Maxpreneur. Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Bisnis- Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dengan Teman  , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan "Tips Bisnis- Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dengan Teman" yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Berbisnis dengan teman? kedengarannya memang menarik. Tapi kita harus berhati - hati jangan sampai persahabatan anda dan teman anda menjadi hancur. Inilah beberapa tips menjalankan bisnis dengan teman yang wajib anda baca.

Siapa yang tidak ingin menjalankan bisnis dengan bertemu partner yang klop dalam berbagai hal. Hal inilah yang akhirnya mendorong terciptanya bisnis yang dilakukan bersama seorang teman atau sahabat terdekat. Pasalnya, hubungan dekat yang sudah terjalin dianggap bisa menjadi modal utama dalam menjalankan bisnis. 



Dengan begitu, sebuah bisnis juga bisa berkembang pesat karena masing-masing founder telah memahami jalan pikiran partner bisnisnya karena sebuah hubungan pertemanan. Tapi, tidak semua bisnis yang dikerjakan bersama seorang teman pun dapat mencapai target dan meraih kesuksesan. Oleh karena itu, ada beberapa rules yang harus diikuti agar bisnis yang dijalankan bersama teman bisa mencapai kesuksesan.

Dijalankan secara profesional
Banyak sekali contoh pebisnis sukses yang berhasil menjalankan bisnisnya bersama seorang teman dekat atau sahabatnya. Hal ini dikarenakan mereka sudah mengenal satu sama lain, baik dalam perilaku sehari-hari hingga cara dalam mengungkapkan ide-ide bisnis. Namun, saat menjalankan bisnis bersama seorang teman, terkadang Anda akan merasa tidak enak hati untuk menegur jika terjadi suatu kesalahan. Padahal, sebuah kesalahan yang sengaja dibiarkan terus menerus maka dapat berakibat fatal pada bisnis yang sudah berjalan. 

Oleh karena itu, Anda yang sedang menjalankan bisnis bersama seorang teman maka sebaiknya harus tetap bersikap profesional. Terlebih, dalam urusan pekerjaan, jika memang ada seorang teman yang melakukan kesalahan maka jangan ragu untuk menegur atau mengingatkan demi kemajuan bisnis Anda kedepan nantinya.

Setiap pendapat akan mengembangkan bisnis Anda
Jika Anda menjalankan bisnis dengan seorang teman atau sahabat, maka tidak dipungkiri bahwa akan banyak sekali kesamaan yang dapat ditemukan diantara kalian. Bukan hanya persamaan dalam visi dan misi untuk mengembangkan bisnis semata, tetapi juga kesamaan dalam hobi atau sifat bahkan prinsip hidup. Hanya saja, banyaknya kesamaan diantara kalian terkadang akan berdampak tidak baik dalam menjalankan bisnis. 

Pasalnya, dalam membangun sebuah bisnis yang sukses maka dibutuhkan banyak sekali ‘ide gila’ dengan kreativitas yang tak terduga. Oleh karena itu, kalian yang menjalankan bisnis bersama seorang teman harus tetap memiliki pemikiran yang beragam namun tetap terarah. Hal tersebut diperlukan untuk menambah banyak peluang agar bisnis Anda segera mencapai kesuksesan.

Visi dan misi Anda bersama teman harus sama
Dalam membangun sebuah bisnis, maka seorang entrepreneur diharapkan memiliki sebuah visi dan misi. Pasalnya, visi dan misi yang diemban tersebut yang akan membuat langkah pasti arah sebuah perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda mendirikan bisnis bersama teman maka pastikan pula Anda dan teman Anda memiliki kesamaan visi dan misi. 

Pasalnya, terkadang teman Anda lebih fokus pada profit dan kemampuan dalam menjual produk yang sangat besar. Sedangkan Anda sendiri justru menginginkan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan mengembangkan networking dalam berbisnis. Oleh karena itu, perbedaan semacam itu harus segera dihindari karena dengan menyamakan visi dan misi dalam menjalankan bisnis bisa menjadi sebuah booster untuk segera mencapai kesuksesan.



Jangan ada yang ditutupi dalam pembagian hasil
Sejak dari jaman abad pertengahan atau bahkan saat manusia menggunakan uang dalam perdagangan atau bisnis, uang telah menjadi salah satu hal yang memiliki potensi untuk menimbulkan perselisihan bisnis. Oleh karena itu, Anda harus bersikap terbuka untuk mengantisipasi setiap perselisihan yang terjadi karena tidak sesuai dalam pembagian hasil. 

Sebaiknya Anda memiliki sebuah buku kas untuk mencatat arus modal, pengeluaran dan juga pendapatan dengan jelas. Begitu pula saat teman Anda meminjam uang kas, maka Anda harus membuat bukti tertulis dan juga tanggal pengembalian pinjaman dengan jelas pula. Dari sejak awal menjalankan bisnis, Anda sudah harus menanamkan transparansi dalam hal keuangan.

Kritik akan membuat Anda semakin berkembang
Semua orang pun menyadari bahwa kritik akan membuat seseorang akan semakin berkembang. Begitu pula dengan Anda yang menjalankan bisnis bersama seorang teman ataupun sahabat. Jangan pernah ragu untuk mengkritik satu sama lain demi bisnis yang semakin berkembang. 

Selain itu, jangan pernah marah ataupun tersinggung jika kritik tersebut justru datangnya dari seorang teman yang selama ini telah mendukung Anda dalam setiap membuat keputusan. Jika teman Anda menegur karena produktivitas Anda rendah maka hal tersebut sebaiknya ditanggapi secara positif. Pasalnya, teman Anda sedang mengingatkan Anda untuk lebih produktif lagi demi kemajuan bisnis kedepan nantinya.

Hindari setiap masalah yang bisa merusak persahabatan
Setiap bisnis yang berjalan tentu akan mengalami pasang surut. Begitu pula dengan Anda yang menjalankan bisnis dengan seorang teman atau sahabat. Tentunya Anda akan mengalami fase dimana muncul sebuah masalah atau kesulitan yang berpotensi membahayakan hubungan pertemanan atau persahabatan. 

Disaat bisnis Anda mengalami hal seperti ini, maka yang sebaiknya dilakukan adalah kembali mengingat ikatan hubungan pertemanan dan persahabatan yang selama ini menjadi pondasi. Sebaiknya Anda tidak mudah untuk terpancing yang justru membuat suasana bisnis menjadi canggung hingga membuat bisnis dan juga persahabatn Anda bubar begitu saja.

Anda boleh menolak ide teman yang tidak sesuai
Sebagai partner bisnis, Anda dan juga teman Anda pun terbiasa untuk menuangkan ide bisnis bersama-sama dalam setiap kesempatan. Namun, yang perlu diingat adalah keputusan-keputusan yang akan dibuat tentunya telah mencapai kesepakatan yang harus dijalankan bersama-sama. 

Jangan hanya karena ide tersebut datang dari seorang teman atau sahabat, maka Anda pun menjadi segan untuk menolak ide yang tidak seusai dengan visi dan misi. Jika Anda bersikap seperti itu maka justru akan bisa membahayakan bisnis Anda. Pasalnya, Anda tetap akan menjalankan bisnis dengan ide yang tidak sesuai dengan visi dna misi yang justru bisa membuat bisnis Anda berantakan.

Punya pendirian yang teguh
Kadang, kemauan berkompromi memang dibutuhkan saat berbisnis dengan teman. Sayangnya, terlalu mudah berkompromi justru membuktikan kalau kamu tak punya pendirian. Jauhkan perasaan tidak enak, segan atau kikuk lantaran berbisnis dengan teman sendiri. Jika kamu yakin dengan pilihanmu, maka tegas menolak pilihan teman sah-sah saja kamu lakukan.

Demikianlah Artikel "Tips Bisnis- Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dengan Teman" di MaxPreneur kali ini. Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


0 Response to "Tips Bisnis- Bagaimana Cara Menjalankan Bisnis Dengan Teman"

Post a Comment

1.berkomentar jangan kasar
2.Tidak berbau porno
3.memberikan kritik dan saran yang membangun

close
Selamat Datang